Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Senin, 04 Juni 2018

Bawang Dayak

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak lagi asing dengan yang namanya bawang dayak. Tanaman yang dapat tumbuh dalam berbagai jenis tanah dan iklim ini memang sekilas mirip dengan bawang merah. Selain memiliki nama latin Eleutherine palmifolia, bawang dayak juga memiliki banyak nama lokal. Beberapa nama lokalnya yaitu bawang sabrang, bawang berlian, bawang tiwai, bawang lubak, teki sebrang atau bawang hantu.
Tanaman khas Kalimantan Tengah tepatnya suku Dayak ini memiliki daun berwarna hijau berbentuk pita, warna umbinya merah dan bunganya berwarna putih. Adapun manfaat bawang dayak sudah secara empiris digunakan sebagai tanaman herbal oleh masyarakat Dayak.

Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan Perdarah Darah
Dengan senyawa karbohidrat yang mengandungglikosida, jangan heran jika manfaat bawang dayakyang pertama ialah untuk memperlancar peredaran darah dan sudah terbukti ampuh. Selain itu, untuk para penderita diabetes bawang dayak juga dapat menetralkan kadar gula darah.
2. Melancarkan Metabolisme
Kandungan alkaloid pada Bawang dayak dapat membantu memperlancar sistem metabolisme tubuh seperti radang usus, sembelit, serta penyakit ginjal. Selain itu, tanaman ini juga dapat menjaga stamina tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
3. Memperbaiki Sistem Pernafaasan
Menonsumsi Bawang dayak akan meningkatkan suhu tubuh,sehingga dapat mencegah timbulnya lendir dan plak paru-paru yang dapat mengganggu sistem pernafasan. Tanaman inipun dapat membuang kotoran yang diakibatkan oleh udara kotor. Saat batuk, bawang dayak juga dapat mengeluarkan lendirnya dan juga mencegah radang paru-paru.
4. Menjaga Organ Reproduksi Wanita
Tanaman khas Kalimantan Tengah yang mengandung flavonoid dan saponin ini sangat membantu dan memiliki peranan penting bagi kaum hawa dalam menjaga organ reproduksi.
Alasannya karena manfaat bawang dayak yang selanjutnya iaalah bisa mencegah keputihan, memperlancar datang bulan, mengatasi rasa sakit saat datang bulan dan dapat membersihkan area organ intim.
5. Melancarkan ASI
Asupan terbaik bagi bayi adalah ASI. Akan tetapi, tidak semua ibu menyusui dapat memberikan ASI yang optimal bagi buah hatinya. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan bawang dayak dapat untuk membantu memperlancar air susu, serta mengatasi mual, demam dan kaki bengkak.
6. Menguatkan Tulang
Tulang sebagai penyangga tubuh manusia akan bermasalah jika tubuh kekurangan kalsium. Salah satu masalahnya yaitu pengapuran tulang atau osteoporosis.
7. Mengobati Penyakit Amandel
Penyakit amandel ataupun radang amandel dapat menyerang orang dewasa sampai anak anak. Seandainya dibiarkan amandel akan makin menjadi membesar dan mengakibatkan susah untuk menelan makanan. Bawang dayak bisa bermanfaat mengobati amandel.
8. Menyembuhkan Sakit Perut
Bawang dayak berguna untuk menyembuhkan sakit perut seperti meredakan rasa nyeri, serta mual di bagian perut.
9. Menyembuhkan Flu
Suku dayak kerap memakai bawang ini untuk menyembuhkan flu sebagai obat herbal. Kandungan anti bakteri yang tinggi begitu efisien untuk menghambat bakteri yang memicu flu.
10. Menyembuhkan Penyakit Hepatitis
Bawang dayak bukan sekedar dapat menyembuhkan penyakit yang ringan saja, namun dapat juga menyembuhkan penyakit kritis seperti penyakit kuning atau hepatitis.
11. Menaikkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan vitamin C serta anti-oksidan pada bawang dayak inibegitu tinggi. Oleh karenanya, manfaat bawang dayak sangat banyak. Jika teratur dikonsumsi dapat menaikkan ketahanan tubuh Anda. Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat menambahkannya pada masakan Anda.
12. Membantu Menghindar Kanker Serta Tumor
Tumor serta kanker termasuk juga penyakit yang begitu mengganggu serta mengkhawatirkan. Karena banyak masalah yang berujung pada kematian. Walau demikian, untuk menghambat timbulnya tumor serta kanker, Anda dapat menggunakan bawang dayak.
13. Membersihkan Tubuh Dari Bakteri
Bawang dayak mempunyai kandungan anti bakteri yang begitu baik untuk membantu tubuh anda melawan bakteri pemicu penyakit. Diluar itu, kandungan anti bakteri aktif dapat juga membersihkan tubuh anda dari bakteri. Hingga tubuh andasemakin lebih sehat karna terhindar dari penyakit.
14. Menghindar Terjadinya Infeksi
Bawang dayak berguna juga untuk menghindar infeksi. Infeksi bisa berlangsung didalam ataupun diluar tubuh. Oleh karenanya, bila Anda khawatir dengan infeksi yang dikarenakan oleh luka, Anda dapat memanfaatkan bawang dayak untuk meminimalisasi resiko terjadinya infeksi.
15. Mencegah Perkembangan Bakteri, Virus serta Mikroba
Bakteri, virus, serta mikroba yaitu penyumbang penyakit paling besar didalam tubuh. Seandainya sampai berkembang maka dapat mengakibatkan tubuh diserang beragam jenis penyakit serta dapat membahayakan.
16. Mencegah Terjadinya Peradangan
Bawang dayak dapat menolong mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Yang umum menyerang badan di bagian tenggorokan, lambung, serta usus.
17. Mengobati Asam Urat
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam urat, bawang dayak juga merupakan bahan alami yang mampu mengatasi asam urat.










2 komentar:

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.