Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Minggu, 23 Maret 2014

Jeruk Lemo atau Sambal


Jeruk Lemo

Jeruk lemo atau jeruk sambal merupakan jenis jeruk yang sangat penting sebagai penyedap masakan di Indonesia, tetapi pada umumnya hanya dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan. Jenis tanaman jeruk ini mempunyai nama ilmiah Citrus amblycarpa (Hassk.) Ochse (sensu Tanaka sec. Cottin 2002; sec. NPGS/GRIN 2010) atau Citrus reticulata Blanco hybrid (sensu Swingle and Reece 1967 sec. Cottin 2002) (periksa nama ilmiah, sinonim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal dan The Plant List). Nama umum jeruk ini adalah jeruk limo, djeruk limau, jeruk sambal (Indonesia, Malaysia), juuk lemo (Bali), nasnaran mandarin, leprous lime, wart (Inggris).

Jeruk lemo merupakan perdu atau pohon kecil, tinggi dapat mencapai 5 m. Tajuk rapat, cabang tidak menggantung. Permukaan ranting halus pada tahun pertama, kemudian dititipi kulit kasar, duri lurus, tidak terdapat duri rambut kasar atau kalau ada mudah luruh. Tangkai daun halus, panjang sedang, bersayap, ukuran sayap sedang, bersambung dengan helai daun. Daun tunggal, tepi bergigi tumpul, helai daun ternaung agak menggulung ke atas, helai daun terkena sinar matahari menggulung ke atas. Daun tunggal mengkilat, mengeluarkan bau yang khas bila dihancurkan. Buah lebih lebar dari panjang, sama lebar dan panjang, atau lebih panjang dari lebar, kulit buah kuning, kuning-oranye, atau oranye, tekstur kulit buah kasar atau agak kasar, tidak membentuk navel, daging buah kuning, rasa masam. Jeruk lemo berbuah terus menerus sepanjang tahun.
Pohon Jeruk Lemo

Daun Jeruk Lemo




Buah yang belum masak terutama digunakan sebagai bahan membuat sambal dan penyedap berbagai jenis masakan.




Jenis jeruk ini sering dikelirukan dengan jeruk purut (kaffir lime) yang nama ilmiahnya Citrus hystrix DC (periksa nama ilmiah. sinonim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List) karena baunya mirip dan dengan jeruk nipis (lime) yang nama ilmiahnya Citrus x aurantiifolia (Christm.) Swingle (periksa nama ilmiah. sinonim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List) karena kegunaannya sebagai penyedap makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.