Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Senin, 07 April 2014

Durian Pekawai atau Lai


Buah Pekawai

Durian Pekawai atau Lai adalah nama buah sejenis durian. Buah ini juga dikenal dengan beberapa nama lain, seperti durian kuning, durian tinggang, durian pulu, nyekak, ruas, sekawi, pekawai dan lain-lain. Nama ilmiahnya adalah Durio kutejensis (kutejensis = berasal dari Kutei).
Pohon berukuran sedang, dengan tinggi mencapai 24 m dan gemang 40 cm. Daun-daun serupa dengan daun durian. Bunga besar, berwarna merah, berbau bangkai ketika mekar. Bunga ini diserbuki baik oleh lebah madu hutan, burung, maupun kelelawar. Buah kapsul serupa durian, beruang lima, bulat telur hingga melonjong, kuning kusam, dengan duri-duri yang agak membengkok. Biji lonjong, coklat mengkilap, terbungkus oleh daging buah (arilus) yang berwarna kuning atau jingga, agak kering, manis dan berbau enak.


Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
D. kutejensis
Durio kutejensis
Hassk. & Becc.

Habitat asli pohon ini adalah hutan lereng berbukit di pedalaman Kalimantan bagian tengah. Pohon ini merupakan pohon penyusun lapisan tajuk tengah, yang tumbuh di kelindungan atap tajuk (kanopi) hutan. Buah ini ditanam di pelbagai wilayah Kalimantan, dan diintroduksi ke Queensland. Di Brunei, buah ini lebih disukai oleh orang lokal daripada durian.

Pohon Pekawai

Buah Pekawai

Bunga Pekawai

Daging Buah


Tautan Luar :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.