Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Senin, 05 Januari 2015

Rumpia atau Buah Sagu



Gambar disamping adalah contoh buah dari pohon sagu atau juga disebut dengan pohon Rumbia, pohonnya banyak tumbuh di air-air dan rawa-rawa, pada masyarakat kampung biasanya daunya dijadikan sebagai atap rumah.

Kalau Buah Rumbia banyak terdapat di indonesia, karena Rumbia adalah pohon sagu. Jadi buah rumbia adalah buah yang dihasilkan dari pohon sagu. Buah ini rasanya manis-manis sepet. Biasanya diasinkan dulu untuk menghilangkan rasa sepetnya. Namun sepetnya buah Rumbia ini tidak sebanding dengan sepetnya buah Rukem yang mentah. Jadi kalau langsung dimakan biasa nggak masalah. Buah rumbia banyak terdapat di Indonesia, menurut saya baca-baca dari berbagai sumber pohon ini tumbuh di seluruh nusantara,  pulau-pulau Sunda Besar, Sumatra, Semenanjung Malaya, dan tak terkecuali di Filipina juga terdapat pohon ini, kemungkinan karena dibawa oleh peradaban manusia. Kini rumbia tumbuh liar di banyak tempat.



Buah yang dari pohon sagu ini agak mirip dengan buah salak, kalau buah rumbia sisik buahnya agak besar, rasanya kelat, tapi kalau sudah tua rasa kelatnya itu agak hilang dan agak manis, bila ingin memakannya diasinkan dulu, baru enak dimakan. Pohon ini berbuah hanya sekali dalam proses pertumbuhannya.

1 komentar:

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.