Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Senin, 07 April 2014

Durian Montong



Durian montong merupakan durian yang berasal dari Thailand. Durian montong ini berumur panjang (perenial). Berkayu, silindris, tegak, kulit pecah-pecah, permukaan kasar, bercabang banyak, arah mendatar. Daun Tunggal dan mempunyai ciri bertangkai pendek, tersusun berseling, permukaan atas berwarna hijau tua dan bawah cokelat kekuningan, permukaan atas mengkilat, permukaan bawah buram, Bunga muncul di batang atau cabang yang sudah besar, bertangkai, berwarna putih hingga cokelat keemasan, berbunga sekitar bulan januari. Buah bulat atau lonjong, panjang 15 – 30 cm, kulit dipenuhi duri-duri tajam, warna coklat keemasan atau kuning, bentuk biji lonjong, 2 – 6 cm, berbuah setelah berumur 5 – 12 tahun, jatuh sendiri kalau sudah masak. Berakar tunggang. Sama halnya dengan durian montong, durian ini juga berasal dari Thailand.Buahnya bulat dengan kulit kuning kecokelatan. Durinya berbentuk kerucut, tajam, dan tersusun agak rapat. Kulit buahnya tipis, antara 3-5 mm, dan agak sukar dibelah. Daging buahnya cukup tebal, kering, berlemak, dan berwarna kuning. Rasanya tidak terlalu manis dan tekstur buahnya tidak terlalu lembut. Aromanya sedang. Jumlah pongge per buah antara 5-18 dengan biji sempurna 5-12. Bijinya kecil, lonjong. Ukuran buahnya termasuk besar, berat rata-rata 2-4 kg per buah. Durian ini bersifat genjah. Produktivitasnya sekitar 20-50 buah/pohon/tahun. Durian kane agak peka penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.

Bibit Durian Montong

Pohon Durian Montong


Cara Perawatan :
  1. Gulma dibabat dan dibiarkan sebagai mulsa.
  2. Praktek di Thailand ialah memberikan pupuk majemuk dekat dengan garistetes segera setelah muncul kuncup bunga, ditunjang dengan pemberian pupuk di atas tanah jika telah ada pembentukan buah yang lebat; pemberian pupuk lainnya dilakukan setelah panen.
  3. Jika tersedia pupuk kandang, dapat menggantikan pemberian pupuk yang terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.