Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Rabu, 25 Juni 2014

Pasak Bumi


Pasak bumi

Nama umum
Indonesia: Pasak bumi
Melayu:     Tongkat Ali

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Rosidae
                         Ordo: Sapindales
                             Famili: Simaroubaceae
                                 Genus: Eurycoma
                                     Spesies: Eurycoma longifolia Jack.

Eurycoma longifolia adalah treelet, kecil everred tumbuh sampai 15 m (49 kaki) dengan spiral teratur, daun menyirip 20-40 cm (8-16 inci) panjang dengan 13-41 selebaran. Bunga-bunga dioecious, dengan bunga jantan dan betina pada pohon yang berbeda, mereka diproduksi dalam malai besar, masing-masing 5-6 kelopak bunga dengan sangat kecil. Buah berwarna hijau pematangan merah gelap, 1-2 cm dan 0.5-1 cm luas.
Pasak bumi atau tongkat ali (nama ilmiah: Eurycoma longifolia) adalah sejenis pohon yang terdapat di hutan Malaysia dan Indonesia.
Pasak bumi merupakan sejenis tumbuhan yang dikatakan mempunyai bahan yang membantu mereka yang menghadapi masalah syahwat.
Pasak bumi dapat mencapai ketinggian sehingga 10 meter di dalam rimbunan hutan tanah rendah. Biasanya, daunnya rimbun pada ujung batang. Kebanyakan pohon ini tidak bercabang, jika bercabang pun terlalu sedikit yaitu satu atau dua cabang saja. Bunganya tersusun padat pada tangkai yang bercabang, yang keluar dari pangkal daun.


Masyarakat Dayak Tunjung akarnya direbus dan airnya diminum digunakan sebagai obat malaria. Tumbuhan ini menyukai tanah yang asam dan berpasir, hidup di hutan primer atau sekunder, jarang dijumpai di daerah pegunungan. Sebetulnya Eurycoma longifolia sudah lama dimanfaatkan orang sebagai ramuan pelbagai obat tradisional. Peningkatan pemakaiannya secara mencolok terjadi sesudah terungkap manfaatnya sebagai obat kuat lelaki. Tumbuhan ini dikategorikan dalam status kelangkaan terkikis.

Manfaat dalam keadaan darurat :
Akarnya bisa digunakan untuk obat stamina/obat kuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.