Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Kamis, 06 Februari 2014

Sirih atau Crake




Sirih (Piper betle L.,  periksa status nama ilmiah dan sinonim), famili Piperaceae, merupakan tumbuhan asli kawasan Malesia bagian Barat yang kemudian menyebar ke bagian Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Madagaskar. Sirih merupakan tanaman sekerabat dengan tanaman lada/merica. Di Indonesia, sirih lazim dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan. Sirih memerlukan tanah yang cukup lembab sehingga di Timor lazim dibudidayakan di sekitar mata air. Kultivar sirih yang dibudidayakan di berbagai daerah berbeda, misalnya sirih yang dibudidayakan di Timor berbuah dengan ukuran yang lebih besar daripada sirih yang dibudidayakan di Bali.


Sirih merupakan tumbuhan yang tumbuh merambat dengan cara melekatkan akar pada batang pohon lain, dapat mencapai tinggi 15 m. Akar merupakan akar tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan. Batang berwarna coklat atau coklat kehijauan dan berbentuk bulat, membengkak pada bagian buku. Pada ruas batang tumbuh akar udara untuk melekatkan batang pada pohon yang dirambati dan juga cabang plagiotropik. Daun merupakan daun tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, panjang 5-8 cm dan lebar 2-5 cm, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau sedap bila diremas. Bunga merupakan bunga majemuk berbentuk bulir dengan daun pelindung berbentuk bulat panjang. Panjang bulir jantan sekitar 1,5-3 cm dan mempunyai dua benang sari pendek, sedangkan panjang bulir betina sekitar 1,5-6 cm dan mempunyai kepala putik tiga sampai lima buah, berwarna putih dan hijau kekuningan. Buah merupakan buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan.

Daun dan buah sirih biasa dikunyah bersama gambir, pinang, kapur, atau dengan satu di antaranya. Mengunyah sirih merupakan bagian dari upacara adat di kalangan berbagai suku di Indonesia. Selain dikunyah, sirih juga mempunyai berbagai manfaat lain, antara lain sebagai tanaman obat dan sebagai tanaman penghasil minyak atsiri.

Tanaman Kerabat Sirih:
Piper ornatum  (sirih merah, sirih sulawesi). Daun berwarna kemerehan dengan belang keperakan di sekitar tulang daun. Dibudidayakan terutana sebagai tanaman obat.

Sirih Merah
Piper sarmentosum (sirih tanah, daun kaduk). Permukaan daunnya berkerut, daunnya digunakan senagai bahan bumbu jenis masakan tertentu di pesisir Timur Sumatera dan di Malaysia.

Sirih Malaysia


Piper nigrum L. sin. P. aromaticum Lamk, daun lebih membulat dibandingkan dengan daun sirih, berwarna hijau gelap, buahnya dikeringkan sebelum masak dengan kulit buahnya sebagai lada hitam atau setelah masak dengan membuang kulit buahnya sebagai lada putih.

Lada atau Sahang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.