Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Rabu, 25 Juni 2014

Palem Kipas



Palem kipas adalah bahasa pasar dari tanaman palem yang memiliki bentuk daun seperti kipas, maka untuk memudahkan penyebutan oleh petani yang tidak mengerti dari bahasa latin tanaman menyebuntnya sebagai tanaman palem kipas, sedangkan tanaman ini adalah jenis tanaman palem sadeng.


Adapun jenis palem yang memiliki daun seperti kipas ada bebarap macam yaitu:
Palem sadeng cinencis, Tanaman yang dapat tumbuh dengan ketinggian sampai dengan 12 meter, memiliki batang yang kokoh dengan diameter mencapai 25 cm, batang cenderung tidak tegak lurus, akan sedikit melengkung seperti pohon kelapa, Daun, pada ujung daun tanaman palem sadeng cinencis terdapat rumbai rumbai, batang tidak berduri 

  Palem sadeng minyak; berbeda dengan palem sadeng cinencis, palem yang memiliki daun mirip dengan kipas ini juga disebut sebagai tanaman pelem kipas, nama aslinya adalah palem sadeng minyak, disebut demikian karena ciri dari tanaman ini memiliki daun yang mengkilap seperti  berminyak, ini adalah yang membedakan dengan tanaman palem berdaun seperti kipas, bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 20 meter, dan berbatang tegak lurus dengan diameter 25 cm



  Palem  dob; Palem kipas disebut dob juga memiliki kemiripan denga tanaman palem tersebut diatas,  yang membedakan pada tanaman palem dob adalah posisi daun apabila disimetriskan dengan battang yang tegak lurus akan membentuk sudut 45 derajat, daun lebih kaku dan memiliki warna daun yang pudar, tanaman ini paling tinggi hanya mencapai 10 m, palem dob memiliki kharakter lebih mudah stres, dan untuk perawatan harus sedikit extra, ini dikarenakan tanaman ini menyukai banyak air, sebagai bahan untuk pembuatan taman pada pekerjaan landscape, tanaman ini banyak dijual oleh tukant tanaman hias dalam kondisi tampungan siap tanam. 



  Bismarckia adalah genus palm monotypic dinamai kanselir pertama dari Kekaisaran Jerman, Pangeran Otto von Bismarck dan julukan untuk spesies satunya, Bismarckia nobilis, berasal dari bahasa Latin B. nobilis tumbuh dari batang soliter, abu-abu berwarna cokelat, yang menunjukkan lekukan bercincin dari basis daun tua. Trunks adalah 30 sampai 45 cm diameter, sedikit menggembung di dasar, dan bebas dari basis daun dalam semua kecuali bagian yang termuda. Di habitat alami mereka, mereka dapat mencapai di atas 25 meter tingginya, tetapi biasanya mendapatkan tidak lebih tinggi dari 12 m dalam budidaya. Daun hampir bulat sangat besar dalam kedewasaan, lebih dari 3 m lebar, dan sangat-dibagi menjadi 20 atau lebih segmen kaku. Daun costapalmate, menghasilkan hastula berbentuk baji mana pisau dan tangkai daun bertemu. Petioles adalah 2-3 m, sedikit bersenjata, dan yang tercakup dalam putih, bahan lilin serta kayu manis berwarna sisik, mahkota daun hampir-bola adalah 7,5 m dan lebar 6 m. Bismarckias yang paling dibudidayakan fitur silver-biru dedaunan meskipun berbagai daun hijau ada (yang kurang kuat terhadap dingin) 



  Palem sadeng kebo, palem sadeng yang mirip sadeng minyak tetapi batang berukuran diameter sampai 50 cm, tanaman ini mudah stres, dan susah perawatannya, sehingga jarang yang menjual atau mengkomersialkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.