Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Kamis, 06 Februari 2014

Talas atau Keladi



 
Talas (Colocasia esculenta (L.) Schott) merupakan tumbuhan famili Araceae asli dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan yang telah telah dibudidayakan sebagai bahan pangan utama sebelum padi. Saat ini talas tumbuh di seluruh India Barat, Afrika Barat dan Utara, China Selatan dan Tengah, Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, dan pulau-pulau di Samudera Pasifik (termasuk Hawaii). Dikenal dua varietas talas, yaitu C. esculenta var. esculenta yang mempunyai pangkal batang membesar dengan sedikit rimpang dan...
C. esculenta var. antiquorum yang mempunyai pangkal batang tidak terlalu membesar tetapi membentuk banyak rimpang dengan ukuran besar. Varietas yang pertama lazim disebut dasheen, yang kedua disebut eddoe. Talas dikenal dengan berbagai nama daerah di Indonesia, di antaranya eumpene (Aceh), lumbu (Gayo), keladi, sukat, ambargo, sauhat, tale, suwat (Batak), bolang, taleus (Sunda), gelo, linyal, tales (Jawa), tales (Bali), ufi lole (Flores), paco (Makassar), aladi (Bugis), bete, komo (Maluku), kalen, mom, warimu, nomo, uma, ifen, fa faine, biau, yefam, buge, hekere, mengkodo (Papua).

Daun dan Tangkai berwarna hijau
Umbi Talas

 Talas merupakan terna yang tumbuh tegak. Sistem perakaran liar, berserabut, dan dangkal. Batang sejati tesimpan dalam tanah, pejal, menyilinder atau membulat, biasanya coklat tua, dilengkapi dengan kuncup ketiak yang terdapat di atas lampang daun tempat munculnya umbi baru, tunas atau stolon. Daun memerisai dengan tangkai panjang dan besar. Perbungaan tongkol dikelilingi oleh seludang dan didukung oleh gagang yang lebih pendek dari tangkai daun, bunga jantan dan betina kecil, tempatnya terpisah pada tongkol, bunga betina di bagian pangkal, hijau, bunga jantan pada bagian atasnya warna putih steril, ujung tongkol dilengkapi dengan organ steril. Perbuahan seperti kepala yang berisi buah buni yang rapat. Biji membundar telur.Bagian talas yang dikonsumsi sebagai bahan pangan alternatif bergantung pada tipenya. Pada tipe dasheen, yang dikonsi adalah pangkal batangnya yang membesar. Tipe ini adalah yang terdapat di Indonesia. Pada tipe eddoe, yang dikonsumsi adalah rimpang yang tumbuh dari pangkal batang. Pangkal batang atau rimpang tersebut dikonsumsi sebagai bahan makanan pokok dengan cara dipanggang, dikukus, direbus, atau dimasak dalam tabung bambu. Selai itu talas juga dapat diolah menjadi makanan nyamikan (snack) dengan cara digoreng atau dijadikan keripik. Bubur yang dibuat dari pangkal batang atau rimpang talas dapat digunakan sebagai makanan bayi untuk melancarkan pencernaan. Selain batang bawah dan rimpangnya, helain daun dan tangkai daun talas juga dapat dikonsumsi sebagai bahan sayur. Di Asia Tenggara, selain dikonsumsi, talas juga dimanfaatkan dalam upacara adat , sebagai bahan obat-obatan, dan sebagai makanan ternak, terutama babi. Kultivar talas tertentu juga ditanam sebagai tanaman hias, misalnya talas hitam 'Black Magic'.

Daun dan Tangkai berwarna hitam "Black Magic"

alas sering dikacaukan dengan keladi dan jenis-jenis tumbuhan keladi-keladian lainnya. Keladi (Caladium spp.) merupakan tumbuhan asli Amerika Selatan dengan batang kecil dan mempunyai daun berwarna-warni sehingga pada umumnya ditanam sebagai tanaman hias. Kimpul hitam (Xanthosoma nigrum (Vell.) Mansfield sin. Arum nigrum Vell., Xanthosoma violaceum Schott, Xanthosoma ianthinum K. Kotch) dan tanaman sejenis dengan tangkai daun berwarna hijau Xanthosoma sagittifolium (L.) Schott sin. Arum sagittaefolium L., Arum xanthorrhizon Jacquin, Xanthosoma xanthorrizon (Jacquin) Koch) merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah yang mempunyai daun lebar dengan ujung mengarah ke bawah dengan lapisan putih pada permukaan bawah daun. Bagian yang dikonsumsi dari tanaman ini adalah rimpang cabang dari batang, bukan batangnya. Biyah (Alocasia macrorrhizos (L.) G. Don sin. A. macrorrhiza) merupakan tumbuhan asli kawasan Malesia dan Australia tropik, tumbuh tegak dengan ukuran yang jauh lebih besar dari talas dengan tangkai daun vertikal dan daun besar yang cenderung tumbuh tegak. Batang dari tanaman ini dapat dimakan, tetapi bagian luarnya mengandung asam oksalat yang tinggi sehingga dapat menyebabkan mulut menjadi gatal dan bengkak. Cyrtosperma spp. merupakan tumbuhan asli Asia dan pulau-pulau di Samudera Pasifik, khusunya PNG, mempunyai rimpang yang tumbuh menjalar dan kadang-kadang mempunyai tangkai daun yang "berduri", lazim tumbuh di rawa. Di Indonesia, nama talas, kimpul, dan keladi sering dipertukarkan penggunaannya sehingga semakin membingungkan. Untuk membedakannya memang tidak mudah, tetapi talas dapat tumbuh di tempat dengan maupun tanpa genangan air, sedangkan kimpul dan keladi tidak dapat tumbuh di tempat berair.

Botani talas: (1) habitus, (2) tipe edoe, (3) tipe sasheen
 

4 komentar:

  1. bahasa aceh salah itu. betul nya (Empeuk)

    BalasHapus
  2. Juara Tani
    Tanaman keladi adalah sejenis tanaman dari keluarga Araceae, yang memiliki nama ilmiah Colocasia esculenta. Tanaman ini juga sering disebut dengan nama lain seperti talas, keladi hibrida, cocor bebek, dan sebagainya. Keladi mirip dengan talas, tetapi ada beberapa perbedaan antara keduanya, terutama dalam warna daun dan bentuk daun.
    Perbedaan keladi dan talas
    Talas (Colocasia esculenta) adalah sejenis tanaman yang termasuk dalam keluarga Araceae. Tanaman ini juga dikenal dengan beberapa nama lain, seperti keladi, keladi hibrida, dan cocor bebek. Talas banyak ditanam sebagai tanaman pangan di berbagai wilayah di dunia, terutama di daerah tropis dan subtropis.

    BalasHapus

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.