Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Kamis, 06 Februari 2014

Srikaya



Srikaya merupakan tanaman buah-buahan dari suku Annonaceae, berasal geografik dari Amerika Tropik, khususnya Karibia. Kini tanaman ini telah menyebar luas di berbagai kawasan tropik dunia, khususnya dibudidayakan secara besar-besaran di  Colombia, El Salvador, India, Bangladesh, Pakistan dan Filipina. Tanaman ini tumbuh meliar di Timor Barat. Nama umum dalam bahasa Inggris adalah sweetsop atau sugar-pineapple, sedangkan nama ilmiahnya adalah Annona squamosa L. (periksa nama ilmiah dan klasifikasi: ITIS, GBIF Data Portal, The Plant List).

Semak atau pohon selalu hijau atau semi selalu hijau, tinngi dapat mencapai 6-8 m. Daun merupakan daun tunggal, duduk berselang-seling, bentuk lembing, 5-17 cm x 2-5 cm. Bunga berangkai, terdiri atas 1-4 bunga, diameter bunga 1,5-3 cm, terdiri atas 3 daun mahkota berukuran besar dan 3 daun mahkota berukuran kecil, berwarna kuning-hijau dengan bintik ungu di bagian dasar. Buah bulat atau menyerupai buah kerucut cemara, diameter 6-10 cm, berat 100-230 g, dengan kulit bersisik berwarna hijau. Daging buah menyelaputi biji, warna daging buah putih atau bersemu kekuningan, warna biji coklat kehitaman, panjang 12-18 mm, tersebar banyak dalam buah, keras dan mengkilat. Bunga diserbuki dengan bantuan kumbang dari suku Nitidulidae, Staphylinidae, Chrysomelidae, Curculionidae dan Scarabeidae.

Buah dikonsumsi setelah matang, perasan biji setelah ditumbuk digunakan untuk membasmi kutu kepala, minyak dari biji merupakan insektisida botanik.


Pohon Srikaya

Bunga Pohon Srikaya

Buah Jenis Pohon Srikaya Merah






Kerabat dekat:
  • Atemoya, Annona x atemoya, hasil persilangan antara srikaya dan cherimoya (Annona chermolla Mill.)
  • Cherimoya, Annona cherimola Mill., tumbuhan asal Amerika Tengah atau Andes
  • Custard apple, Annona reticulata L., tumbuhan asal Amerika Tropik dataran rendah
  • Soursop, Annona muricata L., tumbuhan asal Mexico, Cuba, Central America, Karibia dan Amerika Selatan bagian Utara: Colombia, Brazil, Peru, dan Venezuela.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.