Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Rabu, 25 Juni 2014

Begonia Biasa




Botani
Sinonim : Begonia hirtella var. nana A.DC.

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Violales
Famili: Begoniaceae
Genus: Begonia
Spesies: Begonia hirtella Link

Nama umum
Indonesia : Begonia
Inggris : Polkadot

Kerabat Dekat
Begonia (Begonia maculata Raddi)
Begonia (Begonia fimbristipulata)
Begonia (Begonia glabra)
Begonia (Begonia laciniata)
Begonia Rambut (Ciscus bicolor)

Deskripsi :
 


Pemanfaatan :
Begonia hirtella Link digunakan masyarakat desa-desa pegunungan untuk mengobati bibir pecah-pecah
Sebagaimana jenis begonia lainnya, batang cembilung wring pule dimanfaatkan sebagai alternatif obat dahaga oleh orang desa bila kehausan di tengah hutan. Batang ini berbusa dan agak pahit keasaman, mungkin dikarenakan adanya kandungan saponin. Kandungan inilah yang mungkin menjadi alasan batang dan daun cernbilung digunakan orang desa untuk menggosok-gosok tangan yang kotor atau agak gatal supaya bersih layaknya memakai sabun detergen.
Selain kandungan saponin, batang dan daun Begonia diperkirakan juga mengandung flavonoid dan polifenol yang bersifat antioksidan dan antikuman atau antivirus. Hal ini membuat seperti beberapa jenis begonia digunakan juga untuk mengobati luka baru dan demam.
Daun Begonia glabra berkhasiat sebagai obat luka baru. Cara nya, ambil ± 15 gram daun segar, dicuci bersih, kemudian ditumbuk sampai lumat dan dibalurkan/diparemkan pada luka.
Begonia fimbristipulata berkha siat sebagai obat demam. Caranya, seluruh bagian tanaman dicuci bersih dan direbus. Air rebusannya setelah dingin disaring, lalu diminum sebagai penurun panas.
Pemanfaatan dalam keadaan darurat
Baqtang dan tangkai daun begonia dapat dijadikan sebagai penghilang dahaga dalam perjalanan di hutan setelah dikupas kulitnya bisa langsung dimakan atau disepah dengan rasa sedikiit kecut/asam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.