Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Minggu, 23 Maret 2014

Kelor


Kelor

Kelor atau marungga (Moringa oleifera) adalah tanaman dari suku Moringaceae. Tanaman ini berasal dari kaki pegunungan Himalaya bagian Selatan di India Utara. Dewasa ini tanaman ini telah menyebar ke  seluruh India, Sri lanka, Afrika, Indonesia, Malaysia, Filipina, Mexico, serta Amerika Tengah dan Selatan. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut moringa, benzolive tree, West Indian ben, atau drumstick tree.

Tanaman ini dapat tumbuh sampai tinggi 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segi tiga memanjang yang disebut kelentang (drumstick), juga dapat disayur.
Daun Kelor

Daun Kelor Muda

Bunga Kelor

Buah Kelor Yang Dijual

Buah Kelor Tua

Buah Kelor Muda


Bahan Bacaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.