Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Sabtu, 06 September 2014

Langgir



Langgir atau Xanthophyllum adalah genus dari sekitar 94 spesies pohon dan semak, dari keluarga tanaman Polygalaceae. Nama generik dari bahasa Yunani yang berarti "daun kuning", mengacu pada bagaimana daun sering kuning saat kering. Di Kalimantan dikenal sebagai Minyak Berok dalam bahasa Melayu atau nyalin dalam bahasa Iban.

Spesies Xanthophyllum tumbuh sebagai pohon atau semak-semak. Ranting mereka sering halus dan berwarna hijau atau kuning. Daun, bila tidak pengeringan kuning, kering coklat hijau atau gelap. Bunga memiliki lima kelopak. Buah sebagian besar bulat tidak bersayap dan mengukur sampai 15 cm (6 in) dengan diameter. Buah dari beberapa spesies dianggap dapat dimakan, misalnya X. ecarinatum, X. obscurum dan X. stipitatum.


Xanthophyllum tumbuh secara alami dari Asia tropis ke utara Australia. Mayoritas spesies tumbuh di hutan hujan dataran rendah. Beberapa spesies tumbuh pada ketinggian yang lebih tinggi di hutan bukit atau pegunungan. Lainnya terjadi di hutan rawa gambut atau kerangas.

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya mas bro..
    Jgn lupa mampir ke blog saya..
    Sy jg izin copas link blog sdr..

    BalasHapus

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.