Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Senin, 02 Juni 2014

Rambai




Buah Rambai
Rambai (Baccaurea motleyana) adalah sejenis buah-buahan dan tumbuhan penghasilnya yang tumbuh liar atau setengah liar di kebun-kebun Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia (terutama Sumatera dan Kalimantan). Rambai masih berkerabat dekat dengan menteng/kepundung, bahkan sering tertukarkan. Perbedaannya adalah bahwa bunga dan buah menteng tumbuh di ujung dahan. Selain itu, rambai relatif lebih manis. Di Thailand ia dikenal sebagai mafai-farang.
Wujudnya berupa pohon dengan tinggi 9-12 m dengan tajuk pohon yang lebar. Daunnya hijau mengilap di permukaan atas (ventral) dan agak kecoklatan dan sedikit bermiang di sisi bawah. Daun dapat dapat berukuran hingga 33 cm panjang dan 15 cm lebar. Tumbuhan ini berumah dua (dioecious), sehingga dikenal tumbuhan jantan dan tumbuhan betina. Bunganya harum dan bermahkota kuning. Benang sarinya dapat mencapai panjang 15 cm dan putiknya bahkan 75 cm. Buahnya berukuran diameter 2 sampai 5 cm dan seperti bunganya tersusun majemuk seperti rantai. Buahnya berkulit agak seperti beludru dengan warna kuning atau coklat muda, berisi 3 sampai 5 biji yang terbungkus oleh daging buah. Daging buah ini dapat dimakan mentah, direbus, atau dibuat selai dan minuman anggur.
Kayunya berkualitas rendah.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas:   Magnoliopsida
Ordo:   Malpighiales
Famili:             Phyllanthaceae
Genus:             Baccaurea
Spesies: B. motleyana
Nama binomial
Baccaurea motleyana Müll.Arg.

Rambai merupakan buah khas dari Asia Tenggara. Buah ini hidup terutama hidup di daerah Filipina yang disebut dengan buah rambi, di Thailand dengan sebutan mafai-farang, Malaysia dan Indonesia khususnya di Kalimantan dan Sumatra yang disebut dngan buah rambai.






Buah yang memiliki kemiripan dengan buah duku dan menteng ini juga sering disebut dengan buah menteng karena memang rasa dan bentuknya yang sangat mirip. Buah rambai ini tidak hanya dapat dinikmati dengan cara dikonsumsi langsung tetapi juga dapat di jadikan berbagai jenis makanan atau minuman seperti dijadikan selai, manisan, dan juga sirup yang terbuat dari buah rambai. Baca juga sebagaimana post tentang manfaat buah rambai.

Tak hanya enak dikonsumsi, buah rambai ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat. Kandungan buah rambai diantaranya adalah sebagai berikut.


Berat rata-rata buah ini yaitu sekitar 19 gram yang terdiri dari 5.5 gram kulit buahnya, 12 gram daging buahnya dan 1,5 gram biji buah rambai. Setiap 100 gram buah rambai mengandung 82,3 gram air, 0,4 gram protein, 7,5 gram sakarosa, 0,2 gram serat, serta 0,5 gram abu. Manfaat buah rambusa.

Kandungan nialai gizi yang terkandung dalam 100 gram buah rambai tersebut tentunya bermanfaat untuk tubuh kita walaupun jumlah kandungannya tidak terlalu banyak. Misalnya kandungan air dalam buah ini dinilai lumayan bermanfaat untuk menahan dahaga dan serat dalam kandungan buah ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan tubuh walaupun, memang, tidak terlalu banyak. Selain itu, diketahui bahwa buah rambai memiliki kandungan vitamin yang rendah yaitu hanya memiliki 5 gram vitamin C untuk setiap 100 gram daging buah rambai. Buah ini bahkan tidak memiliki kandugan vitamin B1 dan B2 sebagimana yang dimiliki buah pisang. Read more kandungan gizi buah pisang.

Kandungan buah rambai memang hanya berjumlah sedikit terutama untuk kandungan vitaminnya. Namun, walau begitu, buah ini memiliki rasa yang segar dan tidak memiliki kandungan negatif yang merusak tubuh yang membuat buah ini tetap dapat dikonsumsi dengan aman. Maka dari itu buah ini tetap menjadi favorit masyarakat di Sumatera dan Kalimantan. Itulah sekilas share tentang kandungan buah rambai.

2 komentar:

  1. terimakasih, artikel keren bgt, sangat membantu:)

    BalasHapus
  2. terima kasih kakk, artikel ini sangat membantu saya :)

    BalasHapus

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.