Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Jumat, 21 Oktober 2016

Petai Kedawung


Buah Petai Kedawung

Petai Kedaung. Manfaat Tamanaman Kedaung Atau Kedawung Bagi Kesehatan – Kedaung atau kedawung (Nama latinnya Parkia roxburghii) yaitu sejenis tumbuhan yang dapat hidup baik didaerah tropis. Nama kedaung atau kedawung ini nyatanya bukan hanya untuk nama jalan atau desa saja nyatanya kedaung memiliki beragam manfaat untuk penyembuhan. Yang kerap jadikan obat dari pohon kedaung atau kedawung ini yaitu bijinya yang memiliki kandungan beragam manfaat, lantaran bijinya ini mengandung bijinya memiliki kandungan zat tanin, glukosida, damar, serta garam-garam alkali.
Pohon kedaung atau kedawung memiliki tinggi 3–15 m, diameter batang mencapai kurang lebih 30 cm, serta banyak tumbuh di negara Indonesia. Biji kedaung atau biji kedawung itu banyak di pasarkan di pasar tradisional, malahan banyak di warung-warung paling dekat dan biasanya dipakai sebagai bahan penyedap bumbu masakan.
Ciri dari biji kedaung atau kedawung yang telah tua berwarna hitam terasa pahit serta baunya nyaris meyerupai bau buah petai. Bijinya bulat memanjang bulat serta seputar pinggir bijinya ada garis rusuk melingkar, berwarna coklat tua agak kehitaman, sementara pangkal bijinya berwarna coklat kemerahan.


Untuk industri jamu, kedaung atau kedawung paling banyak digunakan bagian bijinya. Tetapi lepas dari ini, buah, daun, kulit batang serta akarnya dapat juga dipakai sebagai obat herbal.
Buah kedaung itu memiliki manfaat untuk pengobatan oleh karena itu sering dijadikan sebagai bahan obat dengan dosis sekitar 2 gr hingga 6 gr. Di antara dari manfaat buah kedaung atau kedawung bagi kesehatan yaitu :
  1. Menghindar serta menangani infeksi.
  2. Menyembuhkan masalah perut sebagaimana nyeri serta maag.
  3. Membuat lancar system pencernaan/cacingan/antidisentri

Sedangkan manfaat dari biji, daun, kulit batang serta akar kedaung atau kedawung bagi kesehatan sebagai berikut :
1. Penyembuhan nyeri lambung atau maag
Ambillah 5 biji kedaung atau kedawung, sangrai sampai masak. Lalu kupas kulitnya serta tumbuk sampai sangat halus. Selepas ini seduh dengan air panas. Tetapi umumnya kedaung atau kedawung yang telah disangrai banyak di jual di warung-warung jadi anda tiidak mesti beberapa ribet lagi untuk menyangrai biji kedaung itu.
2. Infeksi kulit
Infeksi pada kulit dapat sembuh dengan biji kedaung atau kedawung mengenai langkahnya sangat sederhana serta tidak repot lewat cara : Tumbuk biji kedaung atau kedawung sampai halus. Tambahkan sedikit air, lalu tempelkan di bagian badan yang sakit.
3. Diare serta cacingan
Diare serta cacingan termasuk juga masalah yang ada pada perut serta pencernaan serta itu dapat diatasi oleh manfaat daun dari kedaung/kedawung itu lewat cara : Ambil air mendidih lalu masukkan daun kedaung atau kedawung di dalamnya.Lalu diminum.
4. Obat anti disentri
Pengobat yang lain akar pohon kedaung juga memiliki beberapa manfaat salah satunya sebagai obat untuk anti disentri langkahnya : Akar kedaung atau kedawung difermentasi serta dipakai sebagai obat anti disentri. serta minium airnya namun tentu terasa sangatlah pahit, untuk menyingkirkan rasa pahit itu silakan campur sebagian tetes madu.
Demikianlah manfaat tanaman kedaung atau kedawung bagi kesehatan. Semoga informasinya bisa bermanfaat dan berguna. Jangan lupa baca juga :

2 komentar:

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.