Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Senin, 07 April 2014

Belimbing



Belimbing ini berasal dari Philipina sesuai dengan namanya. Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C. Serat halus,tekstur lembut. bentuk buahnya lebih panjang dari belimbing lokal. belimbing bagus untuk ditanam di pot ketika masih kecil karena bagus dan sudah bisa berbuah, namun setelah besar, harus dipindah di lahan karena ukuran tanaman yang semakin besar dan tidak lagi efektif ditanam di dalam pot.




Cara Perawatan :
Cara perawatan sama seperti tanaman buah lain, yaitu :
Penyiraman: penyiraman dilakukan seperlunya saja, misal tanah kelihatan kering, maka lebih baik penyiraman perludilakukan lagi, misalkan masih basah tidak perlu dilakukan penyiraman.
Pemangkasan: Batang dan cabang utama belimbing harus dibiarkan terkena sinar matahari. Sementara ranting-ranting yang ada harus dalam kondisi muda. Tanda ranting sudah kelihatan tua adalah kayunya mengeras, daun kecil-kecil dan rapat serta menjuntai ke bawah. Ranting demikian harus dibuang dan disisakan tunas air (cabang maling) yang sudah cukup kuat sebagai pengganti ranting yang dibuang tersebut. Dengan cara ini, kualitas belimbing bisa terus dijaga. Buah yang dipelihara hanya yang tumbuh di batang dan cabang utama. Yang tumbuh di ranting-ranting, semuanya dibuang. Alasannya adalah buah-buah “ranting” tersebut akan berukuran kecil dan kualitasnya kurang bagus.
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
A. carambola
Averrhoa carambola
L.
Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.