Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Sabtu, 03 Mei 2014

Kemayau



Buah Kemayau ...! Dacryodes rostrata f. Cuspidata (Blume) HJLam adalah sinonim dari Dacryodes rostrata (Blume) HJLam. Nama ini adalah sinonim dari Dacryodes rostrata (Blume) HJLam .


Buah Kemayau kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia, di karenakan buah ini jarang dibudidayakan orang. Pohon tersebut tumbuh subur dipinggir jalan menuju tempat mandi di sungai Lubai. Pohonnya tinggi 30 meter, lilitannya 100 centimeter, cabangnya banyak, daunnya rimbun dan buahnya lebat.


Orang Kalimantan menyebut buah ini Kembayau. Di Brunei ini disebut juga Kembayau. Sarawakians menyebutnya buah Dabai (Dabai buah). Hal ini dapat ditemukan terutama di Sibu (alias Sibu "zaitun") tapi seperti apa pun yang bisa meraup keuntungan ini sedikit buah telah membuatnya menjadi cara untuk setiap pasar di Sarawak.  

Cara memakannya adalah pertama bilas kemudian rendam dalam air hangat sampai melembutkan. Bumbui dengan garam atau kecap hitam. Rasa segar kekuningan krim. Sebenarnya Anda bisa mempertahankannya hanya dengan merendamnya dalam kendi dengan kecap hitam atau dengan garam kasar (tanpa biji). Saya percaya ada pedagang asongan yang menjual Dabai nasi goreng juga.





Hal terbaik kedua yang keluar dari satu buah tunggal benih. Cuci bersih dan dijemur sampai kering benih segitiga. Pecahkan dengan menggunakan mortir dan alu coz saya menemukan bahwa perangkat kerupuk kacang tidak bekerja pada benih ini.

Buah kemayau ini merupakan buah hutan yang sudah jarang ditemui karena menyempitnya daerah hutan dikawasan kita, tumbuhan ini biasa ditemukan didaerah rimba, dan hutan rimba sekarang sudah hampir punah, bagaimana tidak, ekspansi perkebunan dan pertambangan merajalela khususnya dikalimantan barat, menghancurkan ratusan hektar lahan, sayang sekali memang, karena saya sudah merasakan bagaimana nikmatnya buah satu ini, sungguh terkagum merasakan nikmat buah satu ini dicampur madu hutan, terasa lemak, manis dan nikmat, yumii. banyak sebenarnya potensi buah hutan yang sungguh eksotis baik rasa maupun bentuknya, tapi sayang kebanyakan dari kita mulai meninggalkan warisan alam dari hutan, khususnya hutan dikalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.