Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Rabu, 05 Februari 2014

Api-api

Api-api nama ilmiahnya Avicennia alba Blume. Termasuk tingkatan pohon yang tumbuh menyebar dengan ketinggian mencapai 25 m. Kumpulan pohon membentuk perakaran horizontal dan akar nafas. Akar nafas biasanya tipis, berbentuk jarum yang ditutupi oleh lentisel. Kulit kayu berwarna keabu-abuan atau gelap kecoklatan, beberapa ditumbuhi tonjolan kecil, sementara yang lain kadang-kadang memiliki permukaan yang halus. Pada bagian batang tua, kadang-kadang ditemukan serbuk tipis. Daun: permukaan halus, bagian atas hijau mengkilat, bawahnya pucat, unitnya sederhana, letak berlawanan, bentuk lanset kadang elips, ujung meruncing, panjang ± 16 cm dan lebar ± 5cm. Bunga: seperti trisula dengan gerombolan bunga (kuning) hampir di sepanjang ruas tandan, letak di ujung atau pada tangkai bunga, formasi bulir (ada 10-30 bunga per tandan), daun mahkota 4 warna kuning kekuningan, ukuran 4 x 2 cm (Wiki.Detik, 2009).
Klasifikasi api-api (Avicennia alba Blume.)
Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Superdivisi : Spermathophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Sub kelas : Asteridae
Ordo : Scrophulariales
Famili : Avicenniacae
Genus : Avicennia
Spesies : Avicennia alba Blume. (Plantamor, 2009)


Manfaat api-api (Avicennia alba Blume.)
Bagian-bagian (organ) dari tumbuhan Api-api (Avicennia alba Blume.) banyak dimanfaatkan oleh masyarakat antara lain, batangnya dapat dijadikan kayu bakar dan bahan bangunan bermutu rendah, getahnya dapat dimanfaatkan untuk mencegah kehamilan, dan buahnya dapat diolah menjadi bahan makanan (Wetlands, 2009). Sedangkan menurut Alikodra (1996), selain digunakan sebagai obat dan makanan, secara lokal ada juga jenis-jenis yang digunakan sebagai makanan ternak (Avicennia alba dan Sonneratia caseolaris).




Kandungan kimia tumbuhan marga Avicennia.
Ekstrak dan bahan mentah dari mangrove telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir untuk keperluan obat-obatan alamiah. Campuran senyawa kimia dan bahan alam oleh para ahli kimia dikenal sebagai Pharmacopoeia. Beberapa senyawa metabolit ini dengan struktur kimia dan tergolong salah satu diversitas dari ’kelas-kelas kimia’ telah dikarakterisasi dari tumbuhan mangrove dan tumbuhan asosiasinya. Diantara yang terbaru ditemukan dalam gugus substansi dari getah dan perekat sampai senyawa alkaloid dan saponin dan beberapa senyawa lain yang terkait dengan industri obat-obatan, seperti halnya derifat: benzoquinone, naphthoquinone, naphthofurans, flavonoid, polyfenol, rotenone, flavoglican, sesquiterpene, di- dan triterpene, limonoid, minyak esensial, sterols, karbohidrat, o-metil-inositol, gula, iridoid glikosida, alkaloid dan asam amino bebas, feromon, giberellin, forbol ester, keterosiklik oksigen, senyawa sulfur, lemak dan hidrokarbon, alkohol alipatik rantai panjang dan lemak jenuh, asam lemak bebas termasuk asam lemak tak jenuh ganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.