Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Rabu, 03 Desember 2014

Terong Asam





Terong Asam
Terung Asam (Solaum ferox Linn)
Family Solanaceae (suku terung-terung) di dunia terdapat sekitar 1.500 spesies yang kebanyakan tumbuh dikawasan tropika dan sub-tropika, dari jumlah diatas 25 spesies terdapat diAsia Tenggara dan Hanya 5-7 Spesies yang dimakan dan ditanam. Terung Asam tidak diketahui asal usulnya tetapi terung ini hidup liar di Asia Tenggara, Papua New Guinea dan Amerika Selatan. Diindonesia diketahui baru didaratan kalimantan terung ini tumbuh, kemudian terung ini mempunyai rasa yang sangat masam sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan sayuran dan campuran sambal.

Klasifikasi Terung Asam(Solanum ferox Linn)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae (suku terung-terungan)
Genus: Solanum
Spesies: Solanum ferox L.
Terung Asam (Solanum ferox Linn) juga dipanggil sebagai Terung Pasai (Brunei),Terung asam; Cung Bulu (Indonesia), Terung Dayak; Terung Iban; Terung Asam (Malaysia), khua khon (Laos), tabanburo; tagatum (Filipina), sinkade (Myanmar), mapu; yongkuidi (Vietnam) dan muuk (Thailand).

Terung Asam jarang ditanam melainkan tumbuh liar disekitar rumah atau kebun, tanaman ini memliki tinggi hanya 0.5-1M saja, keseluruhan pokok tanaman ini terdapat duri dan berdebu(berbulu halus). Daun berbentuk bujur tetapi tepinya bercuping-cuping tiga segi . keseluruhan daun berdebu. Permukaan bawah daun lebih pucat dan sepanjang urat daun berduri, kelopak bunga puting dan berdebu. Buah terong lebar bulat 2-3 cm berwana hijau ketika masih muda dan ketika masak warnanya akan menjadi kuning kulitnya diselaputi debu tebal tapi mudah ditanggalkan. Pembiakan terung asam ialah menggunakan benih biji dari buah yang matang, pilih biji yang baik, kemudian jemur, setelah itu rendam benih biji dalam air bersih selama 24 jam untuk memecah dormansi bijinya, selanjutnya semai biji kemudian biji akan berkecambah 1-2 minggu. Ketika benih sudah mempunyai 2 helai daun atau setinggi 1.5-1cm atau berumur 2-3 minggu sesuai untuk benih sudah boleh dipindah kelahan, jarak tanam terung dayak 0.6 m x 1.0m.
Tanaman terung asam membutuhkan bahan organik yang diberikan dengan kadar 60-100 g dan tambah dengan NPK dengan kadar 15-20 g. Terung asam akan berbunga ketika berusia 3-4 bulan setelah ditanam. Cuaca panas dan lembab pagi hari akan membuka kelopak bunga (2-3 hari) dan lebah akan datang untuk membantu proses pembungaan. Buah terbentuk 2-3 bulan selepas pembungaan hingga matang dan kemudian dipetik apabila warnanya kuning, terung dayak selama 1 tahun jika diurus dengan baik dan tidak diserang penyakit Layu Bakteria dia bisa tumbuh. Terung dayak setelah dipetik langsung dikonsumsi atau dijual karna hanya bertahan 1-2 hari, tapi apabila disipan diruangan sejuk dengan suhu 10 celcius terung asam bisa bertahan sampai 6-7 hari.

OPT (Organisme Penggangu Tanaman)yang sering menyerang tanaman terung asam seperti serangan Penyakit Layu yang disebabkan oleh Bakteria (Pseudomonas solanacerum) yang menyebabkan pokok layu dan mati. Bagian akar pokok juga mudah diserang Cacing Nematod (Meloidogyne arenaria) yang menyebabkan akar berbintil-bintil yang menyebabkan pokok rusak. Serangan kumbang dan aphid juga kadang-kadang mengurangkan hasil.
Kegunaan dan Khasiat buah terong asam bisa digunakan sebagai pengganti asam untuk gula lemak ikan. Selain itu, buah terung ini merupakan pasangan makan bersama sambel belacan.bulu pada buah boleh dibuang terlebih dahulu dengan menggunkan sabut kelapa, biji dan akar terung berkhasiat sebagi obat, biji digunakan untuk mengobati sakit gigi, rebusan akar digunakan sebagai air mandi untuk mengobati demam dan dibuat untuk campuran obat luka, gatal-gatal serta sakit badan.
Pustaka :
http://gardenemerald.blogspot.com/2011/05/terung-dayak.
http://animhosnan.blogspot.com/
www.plantamor.com
http://wannura.wordpress.com/2010/01/23/terung-bulu-solanum-ferox-linn/terung-bulu/


13 komentar:

  1. Dimana saya bisa mendapatkan bibit terong asam? Terima kasih

    BalasHapus
  2. Di desa saya desa napallicin kecamatan ulu rawas kabupaten musi rawas utara provinsi sumatera selatan, ada terong asam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirim q bengkulu bibitnya @hesma haryani nope 085267262242

      Hapus
  3. @hesma haryani, bibitnya bisa kirim ke padang gak?

    BalasHapus
  4. Kalo di saya namanya tomat jepang��
    Dibelakang rumah saya banyak bgt pohon nya

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. https://uliveacademy.id/ki/?ref=12015

    BalasHapus
  7. Apa saja syarat tumbuh tanaman terong asam ini ya? Apakah sama dengan syarat tumbuh seperti terong lainnya?

    BalasHapus

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.