Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Kamis, 06 Februari 2014

Sirsak atau Nangka Belanda


Buah Sirsak

Sirsak merupakan tanaman buah-buahan asal Amerika tropik yang pertama kali diintroduksi ke dunia lama segera setelah Kolumbus menemukan dunia baru Benua Amerika. Tanaman buah-buahan ini mula-mula dibawa ke Filipina dan kemudian dari sana menyebar ke berbagai belahan dunia lainnya, termasuk ke Indonesia. Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Annona muricata L. ini (periksa nama ilmiah, sinomim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List), mempunyai nama umum sirsak (Indonesia), nangka landa (Jawa, Bali), dan soursop (Inggris). Di Indonesia, tanaman ini tumbuh terutama sebagai tanaman pekarangan atau tumbuh meliar di pinggir jalan atau tempat-tempat terbuka lainnya.


Sirsak merupakan perdu atau pohon kecil, tinggi 3-10 m, bercabang mulai dari pangkal. Daun tunggal, bentuk lonjong sampai bundar telur sungsang, 8-16 cm x 3-7 cm, uung lancip pendek, panjang tangkai 3-7 mm. Perbungaan pada ketiak daun atau pada ranting dan cabang, 1-2 kuntum, bertangkai pendek. Kuntum bunga kuning kehijauan, panjang tangkai 2,5 cm, daun kelopak 3 helai, berbetuk segitiga, tidak rontok, panjang sekitar 4 mm. Daun mahkota 6 helai dalam dua baris, tiga daun kelopak terluar berbentuk bundar telur melebar, 3-5 cm x 2-4 cm, daun daun kelopak bagian dalam mempunyai pangkal bertaji pendek, 2-4 cm x 1,5-3,5 cm. Benang sari banyak, tersusun dalam barisan, menempel pada torus terangkat, panjang 4-5 mm, tangkai sari berambut lebat. Bakal buah banyak, mula-mula berambut lebat, kemudian gundul. Buah semu, bentuk bulat melebar atau mendekati jorong, 10-20 cm x 15-35 cm, hijau tua, tertutup duri-duri lunak panjang 6 mm, daging buah putih mengandung banyak sari buah. Biji banyak, bentuk bulat telur sungsang ukuran 2 cm x 1 cm, warna coklat kehitaman mengkilap.

Pohon Sirsak

Bunga dan Bakal buah Sirsak

Daun Sirsak

Buah sirsak lazim dimakan segar setelah masak atau dibuat jus atau diolah menjadi selai atau dodol. Buah beserta biji mudanya digunakan sebagai bahan sayuran di Filipina

Buah Sirsak Belum Tua
Buah Sirsak yang Sudah Tua



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.