Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Rabu, 25 Juni 2014

Rumput Kaso



Klasifikasi
Kingdom Plantae – Tumbuhan
Subkingdom Tracheobionta – Vascular plants
Superdivision Spermatophyta – Seed plants
Division Magnoliophyta – Flowering plants
Class Liliopsida – Monocotyledons
Subclass Commelinidae
Order Cyperales
Family Poaceae – Grass family
Genus Saccharum L. – sugarcane
Species Saccharum spontaneum L. – wild sugarcane

Nama
Inggris                 : wild cane
Indonesia             : Gelagah.
Sunda                   : kaso-kaso

Deskripsi
Rimpang menahun dengan tinggi rumpun mencapai 1—4 m atau lebih. Daun kaku atau keras, panjang 20 cm atau lebih, menyirip, biasanya warna daun keunguan, dan halus; ligula membulat atau memiliki bangun segitiga dengan panjang sekitar 2 mm, serta diselaputi rambut-rambut pendek; bentuk daun lurus-meruncing, panjang 50—90 cm dan lebar 5—15 (—40) mm, permukaan daun licin, tepi daun kasar. Perbungaan malai (tandan majemuk) dengan panjang 20—60 cm; setiap tandan berukuran 3—15 cm.

Distribusi/Penyebaran : Saccharum spontaneum berasal dari dan terdistribusi luas di wilayah-wilayah hangat dari kawasan Dunia Lama, termasuk Asia Tenggara.

Habitat : Saccharum spontaneum mulai tumbuh dari daerah di atas permukaan laut hingga ketinggian 1700 m dpl. Tumbuhan ini memerlukan lingkungan dengan curah hujan tinggi yang biasanya dapat mencapai 1500 mm per tahun, dan tumbuhan ini juga dapat tumbuh pada kisaran tipe tanah yang beragam, mulai dari tanah aluvial di tepi sungai hingga tanah berpasir bekas daerah pertambangan.

Kaso-kaso


Manfaat tumbuhan : Penduduk di pedesaan biasa memanfaatkan Gelagah sebagai pakan ternak dan di beberapa tempat bahkan dimanfaatkan untuk pakan gajah. Tumbuhan ini juga dimanfaatkan untuk mencegah erosi tanah-tanah berpasir. Daun yang telah menjadi jerami kering dapat digunakan untuk membuat atap. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai tanaman ornamental dan menghasilkan bubur kertas.
Daun muda dan umbut dapat digunakan sebagai bahan makanan lalab dan atau ditumis.
Khasiat Obat : Tunas kaso muda diparut dibubuhi air  merupakan obat tetes sakit mata. Akar kaso dapat menenangkan, sensasi terbakar, bate, wasir, infeksi saluran kencing, menorrhagia, disentri dan kelemahan umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.