Saya membuat blog ini karena ...

... sulit sekali menemukan informasi mengenai jenis tanaman dari situs pemerintah yang ada di Indonesia. Blog ini tidak perlu ada andaikan saja pemerintah Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan pemerintah negara tetangga untuk mencatat dan mempromosikan keanekaragaman hayatinya. Para bapak/ibu pejabat yang sering studi banding ke luar negeri, tolong pelajari bagaimana negara tetangga mempedulikan keanekaragaman hayatinya : Atlas of Living Australia | FloraBase - The Western Australia Flora | Plants and Animlas of Northern Territory | Digital Flora of Papua New Guinea | Philippine Biodiversity | Malaysian Flora and Fauna | Biodiversity Portal of Singapore | Dicari, URL situs serupa untuk Indonesia! Ditemukan: fObi, tapi bukan prakarsa pemerintah.

Selasa, 01 April 2014

Ubi Kayu



Ubi kayu (nama botani: Manihot Esculenta Crantz) ialah tumbuhan tropika dan subtropika dari famili Euphorbiaceae yang terkenal sebagai sumber utama karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Ubi kayu dikatakan berasal dari bahagian tropika Amerika Selatan tetapi kini taburannya hampir di semua kawasan tropika seluruh dunia.





Nama Lokal :
Cassava (Inggris), Kasapen, sampeu, kowi dangdeur (Sunda); Ubi kayu, singkong, ketela pohon (Indonesia); Pohon, bodin, ketela bodin, tela jendral, tela kaspo (Jawa)

Kandungan dan Manfaat ubi kayu - Nama lain bagi ubi kayu adalah ubi benggala, ubi belanda dan cassava (bahasa Inggeris). Dalam penerbitan bahasa Inggeris, tanaman ini biasanya dirujuk dengan menggunakan nama-nama tempatannya, seperti mandioca, aipim, atau macaxeira (Brazil), kassav (Haiti), mandi´o (Paraguay), akpu atau ugburu (Nigeria), bankye (Ghana), mogo atau mihogo (kawasan di Afrika yang berbahasa Swahili), kappa (India), maniok (Sri Lanka), singkong (Indonesia), kamoteng kahoy atau balanghoy (Filipina), mushu (China), củ sắn or khoai mì (Vietnam) dan manioke atau manioca (Polynesia).




Kandungan dan Manfaat ubi kayu-  Manfaat ubi kayu sendiri untuk kesehatan sangatlah baik, dan juga sangan berguna untuk mengobati macam penyakit, ubi kayu sendiri memiliki banyak kandunagn dan banyak penyakit yang bisa diobati antara nya adalah demam, diare dan luka bernanah selain itu masih ada lagi. untuk mengetahui lebih jelas nya bisa anda baca di bawah ini.
  • Kandungan kimia ubi kayu per 100 gram
- Kalori 146 kal
- Protein 1,2 gram
- Lemak 0,3 gram
- Hidrat arang 34,7 gram
- Kalsium 33 mg
- Fosfor 40 mg
- Zat besi 0,7 mg
  • Kandungan gizi ubi kayu per 100 gram 
- Vitamin B1 0,06 mg
- Vitamin C 30 mg 
- Dan 70% bagian buah umbi kayu dapat dimakan.
  • Kandungan daun ubi kayu per 100 gram
- Vitamin A 11000 SI
- Vitamin C 275 mg
- Vitamin B1 0,12 mg
- Kalsium 165 mg
- Kalori 73 kal
- Fosfor 54 mg
- Protein 6,8 gram
- Lemak 1,2 gram
- Hidrat arang 13 gram 
- Zat besi 2 mg
- 87% Bagian daun daun dapat dimakan.
  • Kulit batang ubi kayu
- Tanin
- Enzim peroksidase
- Glikosida
- Kalsium oksalat.

Dari sekian banyaknya kandungan gizi dan kimia ubi kayu, sehingga tak mengherankan kalau khasiat ubi kayu sangat banyak sekali dibidang kesehatan, berikut ini adalah beberapa khasiat ubi kayu untuk mengobati beberapa penyakit dan cara mengolahnya.

1. Sakit demam : Siap 1 potong batang daun ubi kayu, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Kemudian saring untuk diambil airnya, lalu minum dua kali sehari pagi dan sore.

2. Obat diare : Ambil tujuh lembar daun ubi kayu, cuci sampai bersih kemudian rebus dengan volume air 4 gelas sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, kemudian saring ambil airnya. Minum dua kali sehari, pagi dan sore, Untuk anak-anak yang masih menyusui terkena diare, ibunya yang minum air ramuan tersebut.
3. Luka baru barang panas : Ambil 1 potong buah ubi kayu buang kulitnya lalu parut peras ambil airnya. Biarkan beberapa saat sampai tepungnya mengendap. Ambil tepungnya dan gunakan untuk mengolesi bagian tubuh yang luka.

4. Luka bernanah : Ambil batang daun ubi kayu yang masih muda secukupnya, tumbuk sampai halus, gunakan untuk membalur tubuh yang mengalami luka.

Untuk melihat lebih jauh lagi kegunaan ubi kayu dapat di lihat di BALITKABI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda para pembaca ada yang mengenal nama bahasa daerah tanaman yang dimuat dalam blog ini, kami akan sangat berterima kasih bila Anda berkenan menyampaikan kepada kami.